Jumat, 03 Maret 2017

Magang di Bank Indonesia

Satu bulan bisa dibilang tidak cukup lama untuk menambah banyak pengetahuan, tapi untuk memperluas dunia pertemanan, masih kurang untukku bisa menambah daftar orang yang kukenal walaupun besar kemungkinan mereka akan segera lupa denganku. Selama Februari ini aku menghabiskan waktu dan menambah pengalaman dengan magang di Kantor Perwakilan Bank Indonesia VII (kpwbi sumsel).


yang diupload di instagram dongss
.
Di postingan sebelumnya aku sempat bercerita kalo gak ikut yudisium di bulan Januari atau yudisium ke 129 fakultas. Dari sekian banyak alasan, salah satunya ya magang ini. Setelah dipikir-pikir ada hikmahnya juga gak ikut yudisium karena bisa magang di sini dan bertemu dengan banyak hal baru yang gak pernah aku duga sebelumnya (dan harapan kali-kali aja ketemu jodoh :D). Dari empat orang yang akan magang dua diantaranya ada aku dan Ira. Aku ujian kompre satu hari lebih dulu dari Ira, tapi Ira ikut ngejer yudisium sedangkan aku gak. Ira batal magang karena gak lagi berstatus mahasiswa. Sumpah, awalnya agak was-was takut gak bisa langsung adaptasi di hari pertama magang. Takut gak bisa langsung dekat dengan teman-teman lainnya. Ternyata itu hanyalah kecemasan tak berarti (?) wkwk. Gak ada masalah. Aku bisa langsung ngerasa akrab sama mereka. Banyak yang bilang itu karena aku emang tipikal orang yang mudah beradaptasi. Walaupun agak susah untuk menyesuaikan pola pikirku dengan mereka. Rata-rata semuanya hampir gak setuju dengan setiap opiniku tentang apapun itu. ya ini wajar sih karena emang dari sananya kan ya kalo manusia itu punya pemikiran, watak, dan pendirian masing-masing.

Aku gak akan cerita tentang  apa aja yang kami lakukan selama magang. Aku pribadi sudah pernah merasakan magang sebelumnya saat zaman SMK. Saat itu aku magang di Dinas Pendapatan Daerah atau kantor samsat (tempat orang membayarkan pajak kendaraannya) selama 3 bulan. Jadi, kurang lebih aku udah paham betul lah kerjaan anak magang ya pasti kayak ‘gitu’. gak akan dikasih tugas atau kerjaan yang berat, paling kalo nyusahin ya karena banyak bukan sulit ataupun gak paham. Kalopun nanti dikasih kerjaan yang kita gak paham, pasti diajarin. Postingan ini hanya ingin menceritakan teman-teman baruku, suasana di kantor, pegawai-pegawainya yang lumayan berkesan, perubahan suasana dari yang tadinya skripsian jadi anak kantoran wkwk.

Yang pertama akan aku bahas adalah kami magang bertujuh. Lima orang dari kampusku dan dua lagi dari kampus lain. Lima orang cewek dan dua lagi cowok. Cewek pertama, dia satu angkatan dan satu kampus denganku. Selama 3 tahun lebih kenal di dunia kampus, aku banyak baru tau sifatnya. Ternyata orangnya tegas dan ‘garang’ dan sering nyebelin juga saking seringnya nunjukin sifat gak sabar a.k.a gampang banget marah dan menggerutu. Tapi tetep asik karena selera musik kita samaan. Yang kedua juga satu angkatan bahkan satu kelas. Anaknya emang gak terlalu punya banyak temen. Selama magang pun dia lebih senang menyendiri mainin hengpon daripada kumpul bercanda sama kami. Gak ada hal baru dari dia. Ada sih tapi kayaknya kurang pantes kalo aku ceritain di sini. Yang ketiga dan keempat, temen satu jurusan tapi beda kampus, mereka dari kampus Indralaya. Aku ceritain satu-satu ya. Yang pertama anaknya pinter tapi suka gak mau kalah kalo debat. Sering bikin kesel tapi lebih sering bikin ngakak karena punya sifat agak unik. Dia suka ketawa duluan sebelum ngomong yang akhirnya bikin orang bilang ‘apaan sih? Ndak jelas banget’ atau ‘suruh pulang aja tuh anak’ atau yang lebih parah ‘agak kurang ini bocah’. Iya emang gitu.  bahkan di momen yang harusnya gak ketawa, dia ngakak gak karuan. Tapi uniknya dia ini yang bakalan bikin kangen.

Yang kedua (yang tadi aku bilang beda kampus) orangnya baik banget cuma agak lemot. Selalu jadi bahan mainan alias bulan-bulanan kami. Tenang aja anaknya gak gampang tersinggung tapi sering meledak-ledak alias teriak-teriak kalo udah kesel sama kami. Gimana gak jadi bulan-bulanan kalo dia sendiri aja ngerasa kalo dia gak sepinter kami (?) Haha. Hiburan banget kan kalo liat orang dengan muka lugunya bilang ‘Kenapa harus orang bego kayak aku sih yang dipilih?’ atau ‘ya Allah mau nangis rasanya karena gak bisa ngerjain itu’. asli temen baruku yang satu ini lucu banget deh. Sekali dia izin gak masuk magang, sepi. Gak ada yang dijailin. Dua lagi yang dari beda kampus. Dua-duanya yang cowok. Cowok pertama dari salah satu kampus swasta di Palembang. Dia seumuran denganku tapi kuliahnya satu angkatan di bawah kami. Anaknya hampir sama dengan cewek yang sebelumnya kuceritain. Mudah banget dimainin dan dikibulin. Mereka sama-sama gampang percaya dan gampang panikan. Cowok yang terakhir emang orang Palembang, tapi kuliahnya jauh. Di Jogja. Dari keenam teman baruku ini, dia yang paling cocok dan masuk kalo kuajak ngobrol, ya kalo dibandingin, paling sama lah seleranya dengan aku. Dari yang sering ngikutin berita (terutama dari twitter) sampe selera musik. Hampir semua lagu yang sering dipuetr di hapenya, adalah lagu yang aku suka juga. Kalo kami bertujuh debat, aku sama dia selalu berada di posisi yang sama.

Mereka bertujuh inilah yang selalu jadi temen makan siang selama satu bulan magang. Saat makan siang ini adalah yang paling menyenangkan setiap harinya. Karena kami akan kumpul sambil bercerita apa saja yang udah dialami di unit/divisi masing-masing. Setiap orang pasti punya cerita sendiri, dari yang bikin hepi sampe ngakak dan yang sedih tapi tetep minta diketawain. Yang abis kena marah ‘bos’ pasti curhatnya pas makan siang. Yang kesel setengah mati tapi cuma bisa pasrah pun curhat juga. Saat magang terus istirahat magang rasanya sama kayak merantau terus mudik. Semua keluh kesah diceritain sama ‘orang rumah’. Berasa banget kekeluargaannya.

Ngomongin masalah perpindahan suasana, kerasa banget loh. Dari yang sebelumnya banyakan nyantai, mandi pagi kalo mau bimbingan aja, langsung harus terbiasa mandi pagi sebelum jam enam. Because what? Bel masuk kantor itu jam 7 lewat 10. Iya jam segitu bakal ada bunyi bel suara wanita nyanyi selamat pagi bla bla bla. Ini temenku yang  hapal banget pokoknya di ujung lagu liriknya ‘Untuk Indonesia nan jaya’. Begitu juga jam istirahat dan jam pulang, ada lagunya sendiri. Jadi kalo udah bunyi, apalagi yang pukul 16.15, wah bahagianya gak ketulungan karena artinya udah bisa pulang. Fyi, yang pulang jam segini ya paling kami anak-anak magang, kalo karyawannya sih rata-rata pada ngelarin kerjaan mereka dulu. Bahkan ada yang cerita denganku kalo mereka lebih sering pulang jam tujuh malam ke atas. Hebat sih, karena paginya jam tujuh harus udah absen sidik jari lagi.

Yang paling menyenangkan untukku adalah hari Jum’at. Di mana orang-orang bahagia karena artinya besoknya weekend, aku seneng karena Jum’at emang menyenangkan. Ada senam pagi dan momen ngeliatin cowok-cowok yang mukanya tiba-tiba ‘cerah dan bercahaya’ setelah jum’atan. Oh ya, kalo kalian termasuk orang-orang kerja dan selalu senang karena akan weekend, ada orang yang cukup aktif di twitter dan aku follow pernah nge-twit ‘’If you TGIF, resign!’’ Iya, itu tanda-tanda kalo kalian udah gak betah kerja :’) dari 4 kali jum’at di bulan Februari Cuma 3 kali senam pagi. Gak tau kenapa aku semangat banget setiap juma’at pagi walaupun harus mandi jam 5 karena jam setengah 7 udah harus di kantor. Senam dimulai jam setengah tujuh teng. Tiga kali senam tiga kali ganti instruktur. Kayaknya BI sengaja biar selalu segar dengan wajah-wajah baru atau mungkin itu kebijakan perusahaan jasa sewa instrukturnya. Abis senam apalagi, sarapan bareng. Berasa udah jadi karyawan sana hahaha. Oh ya, kenapa 4 kali Jum’at tapi cuma tiga kali senam? Itu karena di Jum’at ketiga kpwbi sumsel mengadakan sertijab. Jadi, kepalanya ganti. Penggantinya menurutku jauh lebih ramah dari yang sebelumnya. Tapi yang sebelumnya jauh lebih berwibawa dari yang baru. Dan kepala baru di-klaim sebagai putra daerah pertama yang menjabat jadi kepala kantor perwakilan Sumsel.

Oh ya bicara soal berangkat harus pagi, ada sekitar 35 lebih nomor baru masuk ke hapeku. Nomor siapa? Nomor driver ojek online. Gimana gak gitu, berangkat naik ojek pulang juga ojek. Cuma ada tiga kali aku gak pulang dijemput ojek. Untuk ojek online ini, kayaknya akan aku bahas khusus di postingan berikutnya.

Di kpwbi ini ada sekitar 60 orang lebih karyawan tetapnya, selebihnya ada dari perusahaan karyawan, staf, office boy dan office girl. Termasuk juga satpam. Ada tiga gerbang keluar dan masuk, masing-masing gerbang ada satpamnya dan ada juga di lobby. Aku betah nungguin ojek jemputan di lobby karena wifi-nya kenceng. Bisa banget buat download. Aku sih keseringan download video youtube. Membahas satpam, aku pernah membaca filosofi ‘sebutkan namanya’ di salah satu novel Tere Liye yang kubaca dari perpustakaan BI. Jadi di sana disebutkan kalau ingin satpam melancarkan urusan kita atau minimal tidak ‘ganas’, sebutkan namanya saat bertanya. Aku cobalah di minggu kedua magang. Aku coba di satpam yang kata temen-temen paling jutek. Aku baca nama di bajunya dan saat nungguin ojek aku duduk di pos satpam. Sebelum duduk pasti minta izin dulu kan ya? Nah ini ni aku sebut namanya saat minta izin. Anggap saja nama satpamnya Paijo. “Sore Pak Paijo, saya bole numpang duduk ya di sini mau nungguin jemputan?” keliatan banget muka kagetnya. Mungkin beliau bingung aku tau namanya darimana. Sejurus kemudian dia tersenyum lebar dan mengangkatkan kursi di dekatnya dan lantas diberikannya padaku. Selanjutnya? Jangan ditanya. Kami ngobrol banyak sampe ojek pesananku sampai. Esoknya kuceritakan ke teman-teman dan mereka gak percaya. Yagitu, emang serem sih.

Kalo masalah membaca novel dari perpustakaan, aku juga mau cerita sedikit. Jadi kami yang magang boleh meminjam buku dari sana tanpa syarat meninggalkan dua kartu pengenal. Kami bebas meminjam maksimal 3 buku. Sebagai pecinta fiksi, pastinya aku minjem novel. Karena penasaran dengan karya-karya Tere Liye yang sepertinya selalu best seller, di kesempatan pertama aku meminjam 3 novel Tere Liye sekaligus dan ternyata memang bagus-bagus. Batas meminjam adalah dua minggu, jadi selama satu bulan aku menghabiskan 6 novel, 5 di antaranya adalah karya Tere Liye. Novel-novel itu sepertinya juga bisa dibahas menjadi satu postingan. Nantilah kalau aku sempat akan aku ceritakan atau kutuliskan review singkatnya.

Terakhir, aku ingin bercerita sedikit tentang karyawan-karyawan di sana yang berkesan untukku. Mulai dari Mbak yang mengurus dan membimbing kami di sana selama magang. Sebut saja namanya Mbak Wati. Mbak Wati ini orangnya pendiem banget dan ngomong seperlunya aja. Keliatan kayak gak mau mengakrabkan diri dengan kami atau mungkin lebih sering karena males ngeladenin pertanyaan-pertanyaan gak penting dari kami. Di luar itu, orangnya sangat baik dan sabarnya the best lah. Banyak sih yang bisa diceritain tentang kesabarannya tapi kayaknya gak perlu karena akan membuka aib temanku yang lain hehe. Orangnya juga adil. Kami dibagi di divisi-divisi berdasarkan kemampuan dan kepribadian kami. Maksudnya disesuaikan dengan orang-orang di unit masing-masing. Yang pinter ngomong ditarok di bagian yang isinya ibu-ibu semua. Yang cowok ditarok di divisi khusus cowok. Yang lebih mahir komputer ditarok di divisi ‘manusia-manusia canggih’ dan yang dirasa kurang mampu beradaptasi ditarok di perpustakaan untuk bantuin dia.

Di divisiku sendiri, ada 5 orang. Aku sebut saja Mbak T, Mbak D, Mas E, Mas F, dan Mas M. Favoritku sih Mbak T. Selalu ngasih kerjaan a.k.a gak pernah ngebiarin aku bengong gak ada kerjaan. Orangnya juga sangat ramah dan sama sekali tidak membanggakan diri sebagai atasan. Iya, dari kelima orang ini, dia yang paling tinggi jabatannya. Yang lain pada manggil beliau Ibu, tapi berhubung awal kenalan dia menyebut dirinya dengan kata ‘AKU’, jadinya kupanggil Mbak. Aku izin dulu sih sebelumnya ‘Maaf ya Mbak, aku agak susah mau manggil Ibu gatau kenapa’ dia hanya senyum manis and said ‘Its oke sayang’ gimana gak seneng kan ya? Baik banget! Yang kedua Mbak D. Mbak D ini yang paling manis menyambutku saat aku diantar ke divisi mereka. Orangnya juga pendiem banget. Kalo udah kerja, fokus banget. Dua minggu di divisinya, udah gak kehitung berapa kali aku dikacangin saking seriusnya dia di depan komputer. Mbak D juga yang paling manis saat aku pamit hari terakhir magang. Selanjutnya Mas E. Menurutku dia ini mirip banget mukanya sama Reza Pahlevi ‘presiden ask.fm’. Cuma yang ini lebih jutek kalo gak disapa duluan. Kalo udah disapa orangnya lumayan asik. Aku gak sempet pamitan sama dia, tapi untungnya aku ngesave nomor WA-nya jadi bisa ngucapin makasih dan minta maaf lewat chat. Satu hal yang aku kurang suka dari Mas E adalah setiap dia ninggalin mejanya, balik-balik pasti bau rokok. yang keempat Mas F. Orangnya gak terlalu banyak ngomong tapi sekali ngomong sering bikin ketawa. Dan sering dibully karena gembul. Yang terakhir ada Mas M. Yang aku inget Cuma orangnya pendiem dan ganteng kayak Temmy Rahadi versi item manis.

Aku akan ceritain beberapa lagi yang ada Di divisi lain. Yang pertama ada Mbak Dt. Mbak Dt ini adalah penari yang ada di duit 100 ribuan yang baru (tahun emisi 2016). Orangnya super duper ramah. Banyak banget yang bilang ‘udah cantik ramah pula’. Yang kedua ada Mbak R. Mbak ini alumni kampusku tapi begitu tau kami dari kampus yang sama dengan almamaternya, responnya hanya ‘Oh dari sana’. Kami juga tau kami dari kampus yang sama dari stalking. Rata-rata karyawan sana dari UI, ITB, ITS dan beberapa kampus-kampus bergengsi lainnya. Ada satu karyawan yang membuat aku lumayan semangat buat kedinginan mandi pagi. Yap, apalagi kalo bukan karyawan ganteng (versiku, yah karena ganteng kan relatif). Sebut saja Mas D. Orangnya baik dan murah senyum banget! Menurut hasil stalking, doi kelahiran tahun 1991 dan masih bujangan wkwkw. Dia juga termasuk yang beruntung karena begitu lulus kuliah dan ikut tes BI langsung masuk. Kalo ini, bukan hasil stalking ya, tapi hasil sharing sama beliau di hari terakhir magang. Jadi, kami bertujuh dan Mas D sharing kurang lebih tiga jam. Awalnya beliau ngasih materi yang luar biasa penting dan selama ini aku gatau dan diakhiri dengan tanya jawab yang lebih membahas proses rekrutmen karyawan BI. Kalo mengharap jodoh, maulah yang kayak Mas D ini Hahaha. Ngarep boleh kan ya? Tau diri kok, cuma pake kartu identitas dengan tulisan ‘mahasiswa magang’, ya mana dilirik sama dia wkwk. Tungguin ya Kak satu dua tahun lagi, mahasiswa magang ini udah pantes kok berdampingan dengan yang sekelas dengan dirimu Hehehe aamiin.  

Oh ya, ada satu lagi karyawan yang juga gak kalah cakep tapi yang ini udah punya anak. Sebut saja Mas P. Mas P ini pernah ngasih sedikit materi tentang salah satu kerjaan kami di sana. Tebak apa? Semua kata-kata yang keluar dari mulutnya bener-bener bermanfaat gak ada sampah-sampahnya sedikit pun. Aku yang masih bingung mau bikin laporan magang dengan tema apa, langsung kepikiran untuk buat laporan menggunakan informasi yang sangat singkat dari mulutnya. Aku bener-bener paham dengan semua perumpaan beliau. Awalnya emang pernah juga dikasih materi ini oleh Mbak Wati, tapi bahasa Mbak Wati kayaknya masih sulit dimengerti. Berbeda dengan kata-kata Mas P ini yang luar biasa gampang dicerna. Tapi sayang waktu kami pamitan, beliau udah siap mau olahraga dan udah pake kaos oblong dan celana pendek jadinya gak mau diajak foto bareng. Fyi, kantor BI ini ada ruang khusus nge-gym. Ruangan serbaguna yang bisa dipake karokean dan acara-acara penting lainnya. Gak kalah canggih, semua alat musik band juga ada. Pokoknya jangan sampe karyawan-karyawannya ngerasa jenuh dan bosan di kantor. Terakhir aku mau spam foto, karena kalo di instagram takutnya aku di unfollow karena terus-terusan pamer soal BI di timeline mereka.

Here we go...
 
groufie hari pertama magang

tebak siapa...

pada narsis semuaa

you know lah...

sebelum senam, hari Jum'at pertama

hehehe V

kalo gak ada kerjaan

Lupa cerita soal pernah jadi panitia penerima tamu sosialisasi tentang cinta rupiah dan gerakan nasional non tunai. Favorit part ya dapet snack dan duit baru 10ribuan dan 2ribuan hahaha


selalu...

posisi favorit rang orang foto di depan kantor BI

maafin yang moto kurang fokus :((

divisi ter-rame...

Makasih kiriman fotonya, Mbak cantik :))

groufie terakhir.. sampai jumpa lagi

cewek-cewek sok cantik haha

tempat terbaik untuk foto sok manis.. 

Ekspresi mau pisah.. 

Dilarang ja im...

Kayaknya segini saja cerita tentang magangku. Semoga kami bisa bertemu lagi saat ambil gaji hehehe.. semangat skripsian semuanya. Semoga SE segera. Dilancarkan semuanya. I know I will miss you all. See you on the top! 

Thanks for reading. Sampai berjumpa di postingan selanjutnya. 



4 komentar:

  1. maafkan saya yang hanya ngeliat foto doang. belum sempet baca wkwkw

    BalasHapus
  2. mba tutia bisa minta emailnya mau nanya2 cara magang disana .. bole ? :D

    BalasHapus

Jadilah blogwalker yg baik dan jangan jadi silent reader.. Berkomentarlah sebelum diharamkan.. No Spamming, No SARA. karena udah aku setting NO CAPTCHA :* (@tutiarahmi_)