Senin, 01 Juni 2015

Social Media

Selamat datang bulan Juni. Punya banyak harapan baru, right? Harapan di awal Mei kemarin sudah terealisasi atau belum? Jangan bilang harapan bulan ini masih sama kayak bulan Mei. Harapan sih boleh sama asal twit, status facebook, pm bbm, moment line, caption instagram juga tetep sama. Kreatif dikit lah. Kalo bulan lalu, "Semoga duit jajan naik" bulan ini diganti dikit lah jadi "Semoga uang jajan naik" kan mayan beda dikit ._. 
Untuk aku pribadi sih salah satu harapan bulan Mei nggak terkabul. Tapi itu bukan masalah. Yang mau aku bahas di sini adalah social media. Ada berapa banyak media sosial yang kalian gunakan? Gambar ini adalah screenshot dari sebuah folder di hape aku yang isinya aplikasi yang paling sering aku buka. Aku punya akun facebook, twitter, ask.fm, instagram, dan dua aplikasi chatting yaitu blackberry mesengger. Facebook, bisa kalian akses di www.facebook.com/tutiarahmi6. 
Id twitter dan instagram bisa di @tutiarahmi_. Kalo ask.fm tinggal ganti '_' sama '06'. Pin bbm sama id line? bisa minta langsung ke aku via email baru aku tutiarah@gmail.com. Ngomong-ngomong masalah alamat email, sebelumnya email aku tutya.minho@gmail.com. Dibuat di masa aku lagi memasuki fase hidup setelah remaja sebelum dewasa, alay. Di fase ini, social media lagi marak-maraknya. Aku masih inget pertama kali bikin akun facebook itu di tahun 2009, saat masih kelas dua SMP. Waktu itu, gak punya facebook dianggep gak gaul, gak keren. Dan buat yang udah punya facebook, temen gak nyampe seribu, cemen. Jadilah saat itu begitu punya facebook, semua akun yang muncul di rekomen 'tambahkan teman' semua di-add. Gak peduli kenal atau gak-nya. Aku inget banget, jumlah temen aku pernah mencapai angka 4rb dan hampir semuanya tidak memakai nama asli. Yah, you know lah. 

Memasuki SMK, aku mulai kenal dengan yang namanya twitter. Dengan ikutan temen, aku pun bikin juga. Username twitter sekarang yang @tutiarahmi_ ini adalah id yang paling awet dan kayaknya gak bakal diganti lagi. Iya, di masa alay, berapa kali gonta-ganti. Begitu kepikiran, menurut aku bagus, langsung diganti. Dari twitter, kenalan sama yang namanya ask.fm. Kalo ask.fm sendiri, awalnya menurut aku gak asik tapi lama-lama, makin ngerti cara mainnya dan ketemu sama user-user ask.fm yang selalu ngasih info-info keren. Aku sering dapet informasi baru yang unik biasanya sih dari ask.fm. Temen sering nanya, "Kok tau sih? Dapet info darimana?" aku sering jawab "dapet dari ask.fm" atau "tau dari twitter". Bahkan di SMK, aku pernah dijuluki 'ratu twitter' karena aku paling aktif ngetwit dan punya followers paling banyak. 

Aku inget banget dulu pernah makek auto followers, dulu followers twitter pernah sampe tiga ribu yang sebagian besar fake account. Tapi sekarang followers aku tinggal dua ribuan dan 25% atau seperempatnya itu masih ada fake account yang udah gak aktif lagi. Masih  harus makek kata 'dulu', yang punya banyak followers adalah yang paling keren di twitter, jadinya kami berlomba-lomba banyak-banyakan. Kalo ngetwit kebanyakan gak penting alias isinya mensien semua dengan tambahan kata "follow back dong!" 

Untuk sekarang, kalo inget itu aku suka ketawa sendiri. Apalagi kalo di timeline keluar twit kayak gitu. Sekarang sih udah paham, kalo akun kita adalah akun yang berkualitas, gak pernah spam, orang pasti mau follow dengan sendirinya. Aku baru sadar akan hal itu semenjak aku mulai punya temen baru di masa-masa awal kuliah terutama dari komunitas-komunitas blogger yang aku ikuti. Blog juga sama, dulu setiap blogwalking dan komen di blog orang, selalu nambahin follow balik blog aku ya. Tapi sekarang gak pernah lagi. Karena followers itu bakal dateng sendiri saat mereka tau kalo blog ataupun akun kita pantas untuk difollow. Kalian bisa punya karakteristik masing-masing lah gimana akun yang mau di follow. Aku sendiri suka akun komedi, informatif, dan seru. 

Kebanyakan dari kita berpikiran kalo gak ada social media dan internet, bisa hampa banget. Anak th 2000an pasti gak sependapat. Inget gak sih masa sekolah dasar yang luar biasa menyenangkan. Saat dapet uang jajan 500 rupiah itu udah bahagia banget kayak dapet uang jajan seratus ribu zaman sekarang. Istirahat atau yang biasa kita sebut dengan keluar main adalah yang paling ditunggu. Tak ada gadget, yang ada hanya karet yang dirangkai jadi tali ataupun batu dan kelereng. 

"Pernah mikir gak sih gimana hidup tanpa social media?" Yah gak usah mikir macem-macem, gak ada social media berarti kembali ke saat-saat dulu. Di mana kita bisa main permainan yang gak bakal pernah ada di Appstore dan Playstore. Social media sendiri memang sangat membantu kita dalam berkomunikasi. Tapi percaya gak sih kalo pasti banyak banget yang kangen nelpon pakek telpon umum bermodalkan uang receh. Kumpul sama temen, bercanda tawa, saling bertatap satu sama lain. Bukan seperti sekarang yang kalo ngumpul pada nunduk ngeliatin gadget masing-masing.

Pernah curhat sama temen dan yang terjadi malah dicuekin? Minimal dapet anggukan atau tanggepan "hmm, terus?" Aku pernah, dan rasanya itu nyes banget. Di sini aku mulai mikir, adanya socmed malah menjauhkan yang dekat ya walaupun memang bisa mendekatkan yang jauh. Walau sebenarnya aku juga gak tau, mungkin aku sendiri juga pernah melakukan hal yang sama. Tapi aku berusaha untuk memperhatikan orang lain yang sedang bicara padaku dan melepaskan sejenak pandangan ke gadget. Yang jelas kalo aku lagi bosen dan gak ada yang bisa diajak ngobrol, yang dimaenin pasti gadget. Kalo gak maen game ya buka socmed. 

Aku gak punya lembaga survei yang akurat untuk menyatakan media sosial apa yang paling favorit semua orang. Yang jelas yang masih jadi favorit aku adalah twitter dan instagram. Sudah banyak teman yang beralih ke Path dan meninggalkan facebook dan twitter. Tapi kau masih setia maen twitter. Karena bener kata Bang Alitt "Alay pada pindah ke path, twitter pun damai kembali". Kalo instagram sih emang udah lama main, tapi baru beberapa bulan ini bikin akun sendiri. Selama ini sering minjem akun temen. Di follow ya kakak, nanti pasti di follow back kok. Eyaaa. Haha.

Mungkin segini aja bahas socmednya, kalian sendiri punya akun media sosial apa aja? Paling aktif di mana? Kalo sehari gak main socmed bakal ngerasa ada yang kurang gak? Jawab di komentar yaw. Thanks for reading, guys :)

21 komentar:

  1. kalau aku sih sosmednya yaa bbm, twitter, facebook, sama instagram .. kalau instagram sama facebook paling sering di buka dan gak pernah kelewat, tapi kalau twitter udah jarang di buka soalnya jarang ada yang komen -_- *kan keseeel ..

    BalasHapus
  2. Sepakat! Twitter msh menjadi socmed yg paling asik buat berceloteh. (y)
    Tp skrg byk yg rese' akun spam yg nawari followers sm olshop. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha cuekin aja kak kalo spam. Aku malah jarang banget ngecek mention dan teman-temannya itu :D

      Hapus
  3. O_o aku palingan aktifnya di sau akun medsos doang. Facebook bikin sejak awal 2009 tapi sampe sekarang belum nyentuh seribu. temen SMP, SMA dan Kampus. *tenyata aku nggak alay-alay amat*

    Twitte juga bikin di tahun yang sama, tapi gak aktif, temenannya juga ama temen kampus doang. udah gitu temen kampusnya juga gak aktif. ditinggal deh. awal 2014, di fb mulai banyak iklan dan page-page aneh, banyak spam juga. akhirnya bikin akun twitter baru. *yang lama masih sih, tapi untuk temen kampus doang* bikin bau nianya cuma sebagai tempat promo blog, biar gak nyepam ke temen. eh, malah keasyikan make akun baru.

    sampe sekarang pun cuma akun twitte ini aja yang aktif. Fb udah jarang, medsos lainnya kagak buat. xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku bisa nginget kata sandi banyak tapi kalo buat nginget satu sosmed dua akun suka susah. Pernah bikin twitter akun lain ttep aja lupa. Jadi satu akun satu sosmed buat ngalay iya buat komunikasi iya juga :D

      Hapus
  4. Kalau aku sih aktifnya di facebook, bbm, sama instagram aja ,, soalnya yang lainnya jarang ada yang komen .. -_-

    BalasHapus
  5. Ga kebayang deh kalo ga hidup tanpa sosial media
    mungkin ga bakal kenal dengan teman baru

    BalasHapus
  6. nice entry :D

    kalo aku paling sering buka instagram, ask.fm, sama twitter itu pun kadang cuma ngeliat-liat postingan orang aja haha kalo facebook sekarang cuma ajang penunjang akademis (buka grup perkuliahan) dan paling banter sih silaturahmi sama keluarga besar. Maklum, anggota keluarga ngumpul disitu. Kalo ditanya yang paling aktif ya paling bbm, ngehubungin orang lewat situ soalnya hihi lebih irit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh cukup jadi pemantau aja ya. Sering sering posting juga dong :D kalo aku sih fb ,asih aktif karena kebanyakan temen masa kecil di sana semua :D

      Hapus
  7. iya gue juga sama kek Haw, bikin FB udah dari SMP kelas 2 , smpe sekarang temen nggak nyampe seribu, tapi yang ada di friend request sih ada 200 an lebih, nggak gue ACC dan Reject . . gue kan suka nggantungin gitu . . hihii . .

    Kalo sekarang yang aktif sih BBM, fb sama twitter aja sihh . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh hay temennya haw :D temen fb aku cuma orang orang yg dikenal aja sekarang, friend request banyak jg tp yg di acc cuma yg kenal aja hihi

      Hapus
  8. Sosmed no. 1 Facebook. Soalnya saya orangnya jadul. Dan alhamdulillah masih pake hp jadul tanpa layar tunyul. Sebenarnya untuk membuka semua akun sosmed saya males. Alias gx kuat bayar pulsa buat seharian maen sosmed. Alhasil burung twity saya terabaikan. Alien Mig33 gx pernah bersowan. Cucu gugel gx tersentuh kecuali kalo mau cari blog. YM, Friendster, Nimbuzz, gx kepake. Akun Youtube & blog masih aktif. Soundcloud, Reverbnation, Wattpad, dan GWP(gramedia writting project) masih aktif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hp jadul tanpa layar tunyul? Asli ngakak :D syukurin apa yang ada aja lah haha

      Hapus
  9. "alay pindah ke path, twitter pun damai" << itu bener banget. masalahnya juga lagi risih sm temen yang punya kun path tapi makeknya berlebihan -___- isi timeline bisa dia semua itukan bete banget ya.

    Sosial media yang ngga banyak alay itu mungkin Blog :) Jadi berbanggalah jadi blogger :D hehe (itu menurut aku sih)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku sendiri sih gak suka sama path kak, bukan anak nongki :D kalo cuma mau nge share2 moment sambil dengerin lagu mah gak asik :D

      iya blog, tapi jarang banget yg mau ninggalin jejak klo blm kenal

      Hapus
  10. Dari dulu main FB cuma ngalor kidul di grup gamer dan grup ekskul karate waktu SMA. Sekarang gara-gara udah keluar dari grup karate jadi males buka FB :(

    Sekarang sih paling pakai twitter, path, line, bbm, whatsapp. Sebenernya, agak males pakai line dan BBM sih, soalnya bikin lemot hape. Cuma karena temen kampus banyak yang cuma pakai line dan bbm doang jadinya susah buat hubungin mereka. Padahal enakan pakai whatsapp, ada whatsapp, berarti ada juga nomor telepon yang berarti juga mudah dihubungi kalo mereka pada mati internetnya.

    Bener juga alay pada pindah ke path. Twitter damai :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. 'sekarang sih paling' ?? itu mah banyak mas wkwk

      iya sama, temen2 ku cuma bisa dihubungi via sosmed, nomor hapenya sendiri byk yg gak punya

      Hapus
  11. sosmed terbaik di google cuma facebook doang ya haha

    BalasHapus
  12. Klu aku sih fb msh terbaik, tp tuh tergntung profesi juga.

    BalasHapus

Jadilah blogwalker yg baik dan jangan jadi silent reader.. Berkomentarlah sebelum diharamkan.. No Spamming, No SARA. karena udah aku setting NO CAPTCHA :* (@tutiarahmi_)