Selasa, 01 Januari 2019

Happy New Year 2019!

Happy new year! Selamat tahun baru dua ribu sembilan belas. Mana nih, kok presiden masih Jokowi aja... Btw, udah dikatain kafir belom semalem? Aku udah dong. Biasalah, sama kayak fenomena natal kemarin. Ribut sendiri debat halal haram hantam. Kenapa sih sekarang apa-apa disangkut pautin sama agama, yahudi, kafir, atau apapun itu yang ujung-ujungnya jadi menebar kebencian. Aku tu sebenernya ngepost ini pengen curhat dan menumpahkan unek-unek aja. Terutama perihal kafir-kafiran ini.
Jadi semalem aku tu buka status-status Whatsapp temen dan ada tiga orang yang buat status yang intinya orang yang ngerayain tahun baru itu adalah kafir. Wah gila sih! Padahal kan kafir itu artinya seseorang yang tidak menganut agama islam (cmiiw). Salah satu dari mereka aku komen iseng "kalo bakar sosis, aku kafir juga ya?" dijawab "kalo bisa jangan bakar-bakaran, nanti bisa termasuk dalam golongan orang-orang kafir". Sempat tertegun lalu kubalas "kalo bakar-bakarannya supaya ada makanan saat keluarga besar lagi kumpul tetep gak boleh?" terus dia bales "insya allah zikir di masjid jauh lebih baik" yaudah aku bales langsung to the point: "hijrah itu harusnya sibuk memperbaiki diri, bukan mengkafir-kafirkan orang lain" diread doang dong sama dia. Berhubung aku lagi scroll-scroll timeline twitter juga, akhirnya nemu satu tweet yang bisa aku kasih caption untuk dipost ke whatsapp status. Tweetnya adalah: 

Kuberi caption: "Masing-masing punya caranya sendiri. Hargai. Jangan saling kafir-kafirin dong :')"
Tebak apa yang terjadi selanjutnya? Banyak chat masuk minta izin repost dong! Aku tungguin banget sampe 3 orang tadi terutama yang udah chat sama aku untuk ngeliat postinganku. Menanti-nanti komenan mereka tapi ternyata tiga-tiganya cuma ngeliat aja tanpa komentar. Wah jangan-jangan aku langsung diblokir kali ya sama mereka. Hahaha. Dua jam kemudian ada lebih dari 10 orang yang pasang status hasil screenshot-an statusku. Gini ya, aku tau banget maksud mereka itu sangat baik. Mengajak kita untuk tidak melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat dan kurang berfaedah karena memang, tahun baru orang islam itu ya cuma tahun baru hijriah. Tapi, satu hal yang perlu kalian tau gak semua orang ngerayain tahun baru untuk foya-foya dan senang-senang. Tahun baru ini momennya ditunggu-tunggu karena selalu bertepatan dengan libur semesteran anak sekolahan. Orang-orang sering pakai momen tahun baru ini untuk momen kumpul keluarga. Ya namanya kumpul keluarga, biasa dong kalo ada acara bakar sate, bakso, sosis, barbeque-an, dan masih banyak kegiatan makan-makan seru lainnya. 

Masalah terompet? Laah. emang kenapa sih? Kalo itu tradisi yahudi yaudah jangan dilakuin. Kalo ada anak orang yang maksa orangtuanya untuk dibeliin terompet yagimana? Salahin yang jual terompet? Ya itu pencarian mereka, cukup dengan kamu gak usah nyinyir. Kita gak tau kehidupan orang itu gimana. Bayangin kalo seandainya setelah kalian nyinyirin mereka jadi merasa bersalah lalu gak jualan lagi terus anak istrinya jadi gak makan? Wah kayaknya aku doang ya yang mikirnya kejauhan :) Oh ya satu pertanyaan, malaikat israfil tugasnya niup apa ya? terompet! hehehe (abis ini aku pasti langsung dihujat).

Intinya gini, jalani aja keyakinan masing-masing. Kalau memang yang dilakukan orang lain itu salah di mata Islam, cukup dengan memberi nasihat dengan kata-kata halus dan mengajak dengan benar. Jangan lah sampe kasar, apalagi sampe ngatain haram seenak jidat. Teriak kofar kafir sesuka hati. Aku tau tujuannya dakwah tapi kalau malah menyakiti hati orang kan gak bener juga. Semoga 2019 ini gak banyak lagi yang kayak gini dah. Aku sendiri selalu berusaha untuk mencoba ngomong baik-baik sama orang-orang yang kayak gini. Aku coba menekankan sama mereka kalau orang itu sudah dewasa dan punya pola pikir sendiri dan pastinya sudah tau dan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang benar. Kalau kata-kata kita menasihati tidak dipandang dan didengarkan artinya kita cukup mendoakan. Tak perlulah sampai ngomong kasar. Semua orang punya jalan cerita di hidupnya masing-masing. Siapa tau dia sebenarnya jauh lebih paham agama tapi malas untuk menjalankan. 

Aku punya sangat banyak teman yang dulunya alim sekarang udah lebih parah dari aku. Yang dulunya jilbab sampai ke betis, sekarang paling ketat celananya. Yang dulunya ceramah 'jangan pacaran, itu mendekati zina', sekarang jadi yang paling sering sharing momen beduaan sama pacarnya. Yang dulunya jabatan tangan sama aku aja kayak najis, sekarang udah punya pacar dan sering posting foto mesra. Kita juga perlu ingat bahwa hidayah itu cuma Allah yang bisa kasih. Kita sebatas memberikan masukan dan saran (itupun harus liat-liat dulu jangan langsung nyerocos).. Banyak yang dulunya alim sekarang bejat tentu banyak juga yang dulunya bejat sekarang alim. Yang dulunya paling getol ngatain jomblo sekarang jadi jomblo yang kalem. Yang dulunya suka malak, sekarang jadi rajin ke masjid. Yang dulunya paling suka gosip sekarang udah paling sering ngajak ke pengajian. Kita gak pernah tau apa yang bikin mereka-mereka ini bisa berubah. Kita gak tau apa hidayah yang Allah kasih ke mereka. Kenapa sih gak bisa sibuk ke memperbaiki diri aja gak pake riweh sama dosa orang lain. Urusan dosa mah biarin malaikat masing-masing yang nyatet. Lu gak usah ambil jobnya si Atid. Hmmmm. Aku mulai bablas ni. Bisa-bisa nanti malah kesel sendiri:')
Kalo gitu aku mau catet resolusi 2019 ku saja. Tapi sebelumnya mau share dulu kalo resolusi 2018 udah hampir tercapai semua. Jadi ada 3 hal yang paling pengen aku kerjain di 2018 yaitu: Dapet kerjaan tetap, dapet SIM C, dan berani untuk donor darah. Aku ceritan satu-satu ya hehehe...

Yang pertama dapet kerjaan tetap. Belum tercapai tapi insya allah hampir. Kebetulan Desember ini aku gak bisa ngelanjutin kerjaanku yang pernah aku ceritain di postinganku yang judulnya 'Resign' karena emang udah abis kontraknya. Jadi karena hal itu aku coba cari kerjaan lain kan ya dan udah sampe tahap akhir rekrutmen, doakan semoga bisa benar-benar lulus dan akhirnya aku punya kerjaan tetap di 2019 ini. Aamiin.

Yang kedua bisa punya SIM C. Aku udah bisa bawa motor dari 2011 dan mulai berani bawa motor ke jalan yang bener-bener jalan raya itu ya tahun 2013an pas udah kuliah di kota. Tapi gak pernah berani ikut ujian untuk bisa dapet SIM karena katanya gak bakal pernah lulus. Akhirnya di bulan Juli 2018 aku bisa dapet SIM C dengan bantuan adikku (iykwim).. 

Kartu pertama dalam hidup yang fotonya bisa dishare :')
Terakhir bisa berani donor darah. Aku termasuk sangat takut sama jarum orang donor. Gede banget kan ya. Golongan darahku adalah B, goldar yang sangat mudah untuk didapatkan. Awal tau donor darah sih waktu SMP. Bener-bener pengen ngerasain tapi kan belum bisa ya. Terus juga berat badan juga ada berat minimal. Terus tekanan darah juga harus bagus. Sampai di bangku kuliah masih belum berani, padahal berat badan udah melebihi. Belum lagi katanya donor itu harus rutin. Sekali donor harus donor terus. Tapi setelah aku caritau ternyata itu gak bener. Sekalian sharing deh, ini adalah syarat untuk menjadi donor darah:
- Umur 17-49 tahun (sampai dengan 60 tahun untuk pendonor rutin)
- Berat badan minimal 48 kilogram
- Tekanan darah. Sistole: 110-140 mmHg. Diastole: 70-90 mmHg.
- Denyut nadi 50-100 per menit
- Hb wanita min 12 gr % Pria min 12,5 gr %

Terus, orang yang termasuk dalam 'tidak boleh menyumbang darah':
- Menderita hepatitis B
- dalam jangka waktu 6 bulan sesudah tranfusi darah
- dalam jangka waktu 6 bulan setelah ditato/tindik
- dalam jangka waktu 72 jam sesudah operasi gigi
- dalam jangka waktu 6 bulan sesudah operasi kecil
- dalam jangka waktu 12 bulan sesudah operasi besar
- sedang hamil 
- dalam jangka waktu 6 bulan setelah persalinan
- sedang menyusui
- sedang haid 
- ketergantungan obat  (minum obat rutin)
- alkoholisme akut atau kronik
- menderita TBC, diabetes, shyfilis, AIDS (HIV) secara klinis
- menderita epilepsy (sering kejang)
- menderita penyakit kulit pada vena yang ditusuk
- mempunyai kecenderungan pendarahan atau penyakit darah
- dalam jangka waktu 1 tahun menderita penyakit malaria/types.

Nah, beberapa manfaat dari rutin donor darah adalah:
- menjaga kesehatan jantung
- menyeimbangkan kadar zat besi
- meningkatankan produksi sel darah merah
- membantu penurunan berat tubuh (menurunkan kolesterol)
- mendapat kesehatan psikologis
- mendeteksi penyakit serius.

dan ini adalah aku saat sedang diambil darahnya: 

Ceritanya gimana sampe akhirnya berani donor? Gak sengaja banget. Awalnya mau ke tempat fotocopy. Terus ternyata bensin motor udah mau habis dan duitnya kurang kalo mau sekalian isi bensin. Jadinya aku ke atm dulu. ATM deket rumah ternyata kosong jadi terpaksa ke ATM kantor cabang. Di sana ada galeri atmnya jadi pasti selalu bisa narik duit. Sampe di sana, ternyata rame dan banyak karangan bunga yang isinya 'dirgahayu BRI ke 123'. Oh BRI ultah kan ya berarti. Setelah narik duit aku baru ngeh ada bis donor darah di sana. Jadilah timbul pemikiran 'kalo tekanan darahku bagus aku bakal donor'. Maklum, biasanya mentok di 90-100 doang. Sedangkan minimal kan harus 110. Ternyata tekanan darahku 110/80. Bisa donor dong. Dengan super deg-degan aku daftar dan dapet kartu donor lalu masuk bis. Di dalem ada 3 cowok yang sedang donor juga. Saat Mbaknya nusukin jarum ke tanganku, wah itu nano nano banget rasanya. Super cemas takut sakit, karena jarumnya besar banget :( Tapi setelah ngeliat darahku ngalir ke kantong, ada rasa super bangga sama diri sendiri yang akhirnya berani donor darah. Gila, udah berapa tahun yang lalu loh kepengen donor tapi gak pernah jadi. Ini gak akan aku lupain dan harus diabadikan dan super sangat kebetulan, fotografer PMI kabupatenku itu temen sekolah jadinya bisa minta dia kirimin file fotonya via whatsapp. Hahahaha...

Setelah cerita resolusi 2018, ku ingin mencatatkan resolusi 2019 ku di sini:
1. Bener-bener dapet kerjaan tetap.
2. Mengubah pola hidup jadi sehat.
3. Berat badan minimal harus balik ke angka 55 kg, kalau bisa kurang dari itu.
4. Makan indomie cukup di akhir pekan aja, kalau gak Sabtu ya Minggu..
5. Gak tidur lagi setelah solat subuh (Sumpah ini susah! Aku selalu bangun jam 4 jadi abis subuh pasti tidur lagi)
6. Makan buah tiap hari.
7. Olahraga minimal 30 menit dalam sehari.
8. Baca lebih banyak buku (minimal 5 buku).
9. Punya catatan keuangan yang lebih rapi.
10. Punya hp baru dan tentunya dengan uang sendiri :)))

10 itu aja dulu deh. Semoga bisa dibiasain..
Kenapa gak ada jodoh? Karena itu udah ada yang ngatur hahaha. Semoga bisa ketemu di 2019 ini ya. Biar bisa 2020 ganti status :D

Well, this is end of my post. Maaf kalau banyak salah-salah kata terutama di bagian marah-marahnya :) Semoga 2019 bisa membawa kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Aamiin. Semangat menjalani hari-hari selanjutnya! Brand new day!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadilah blogwalker yg baik dan jangan jadi silent reader.. Berkomentarlah sebelum diharamkan.. No Spamming, No SARA. karena udah aku setting NO CAPTCHA :* (@tutiarahmi_)