Minggu, 29 Juni 2014

Puasa Perdana Ramadhan 1435 H

Marhaban Yaa Ramadhan. Selamat datang bulan suci. Bulan yang lebih indah daripada seribu bulan. Alhamdulillah ketemu lagi sama bulan Ramadhan, masih diberi kesempatan untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Masih diberi kesehatan untuk menjalankan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya. Masih diberi kesempatan untuk terus memperbaiki diri. Masih diberi kenikmatan untuk bisa makan sahur dan berbuka. Masih diberi peluang untuk sholat sunah tarawih dan maling sendal, karena kata Pak Ustadz, ambil yang baik, tinggalkan yang buruk. Hayo ngaku, siapa yang suka pake sendal jepit terus pulangnya pake sendal orang? Jangan sekali-kali mencoba ya, karena dijamin ketagihan (kata temennya temen). 


sticker paling mainstream minggu ini

Kalian yang sering main main ke blog aku ini, pasti tau kan ada perubahan apa? Yap, sekarang blog random ini udah dikasih header. Itu bukan buatan aku sendiri. Jadi ceritanya, aku tertarik sama artwork nya kakak tingkat aku yang juga blogger, nama panggungnya Juju Onyols (@sikonyol). Beliau punya blog khusus disamping blog personalnya. Bisa dibilang blog yang khusus ini tempat dia ngepublish hasil karyanya yang dikasih nama artwork. Oh ya blog khususnya itu: Artwork Sikonyol, Kebetulan blog tersebut masih bau kencur alias masih baru-barunya. Pas aku berkunjung ke sana, aku liat lah hasil karya beliau. Keren. Aku yang emang tertarik sama yang namanya vector pun minta dibikinin juga sama dia. Buat kalian yang mau tau cara mesennya bisa liat DISINI. Gak nyampe dua hari, beliau udah ngabarin kalo hasilnya udah kelar dan udah dikirim ke email. Wih, salut deh. Cepet bingitsss Haha.. Udah sekalian jadi, aku bujuk lah dia untuk mau bikinin header dan dia pun mau membantu dengan senang hati. Yah mungkin efek bulan Ramadhan atau emang udah dari lahir orangnya baik :p Dan singkat cerita, jadilah header dengan vector real hasil karya kak Juju. Menurut kalian gimana? Simple kan? Aku suka yang simple simple gitu, kayak kamu. Iya kamu! :D

Itu foto yang jadi patokan, what is your opinion?

Balik lagi ke masalah Ramadhan, buat temen-temen yang lagi ngejalanin, gimana nih puasa perdananya? Lancar kan? Kalo aku sih, Alhamdulillah lancar. Dimulai dari bangun jam setengah tiga untuk masakin orang rumah buat sahur. Kenapa aku yang masak? Ya maklum anak sulung, itung-itung latian sebelum fix jadi ibu rumah tangga nantinya. Halah. Sejam kemudian, kelar sudah. Aku pun membangunkan adik-adikku yang masih asik berkutik dengan dunia mimpinya. Kami pun makan sahur bersama sambil nonton ajang pencarian bakat ceramah di salah satu televisi swasta. Oh ya, kalian tau kan kalo YKS udah end? Gimana ceritanya kalo YKS yang versi sahur jadi tayang? Kalian setuju gak sih kalo program itu di stop? Kalo aku sih YES.

Abis saur langsung sikat gigi, ambil wudhu, pake mukena, ambil Qur'an berangkat ke Masjid. Kebetulan rumahku gak jauh dari masjid, jalan kaki sekitar tiga menit, nyampe. Salah satu kegiatan yang paling aku suka di bulan Ramadhan adalah sholat subuh berjama'ah di Masjid terus langsung lanjut tadarusan sama ibu-ibu. Beneran ibu-ibu semua loh, FYI aja ni yah, cuma aku sendirian yang masih lajang alias gadis haha. Kalo aku gak ada, mereka pasti langsung kerasa. Buktinya tadi ketua pengajiannya bilang gini pas aku dateng ke MAsjid bertepatan dengan azannya. "Kirain ibu belum libur kuliah, ternyata dateng juga ke Masjid" aku nyengir terus cium tangan beliau sambil ngejawab "Nyuci piring dulu bu, jadi agak lama" "Oh pantesan, ikut tadarusan kan nanti?" "Inshaa Allah, bu" "Lah itu udah bawa Qur'an" "Iya sih, bu" kemudian nyengir lagi. 

Kenapa aku suka ikut tadarusan sama ibu-ibu? Aku suka saat ngajarin kalo ada yang salah. Ibu ketua pengajian percaya sama aku kalo aku bisa membantu beliau. Maklum, banyak sekali ibu-ibu di sini yang telat belajar ngajinya atau belum lancar. Yah kalian tau sendiri lah, ada lirik lagu nasyid yang bunyinya kayak gini "belajar di waktu muda, bagai mengukir di atas batu. Belajar di waktu dewasa, bagaikan mengukir di atas air" Jadi intinya, agak susah buat cepet paham dan lancar. Selain itu, bakalan cepet khatam. Target aku tahun ini sih bisa khatam dua kali. Soalnya tahun kemarin baru bisa sekali. Makanya, selain tadarusan di Masjid aku juga tadarusan di rumah. Jadi ada dua pembatas di Qur'an. Pembatas yang sama ibu-ibu di Masjid sama pembatas yang aku ngaji sendiri di rumah. 

Pulang tadarus itu jam tujuh pagi, jadi sebelum pulang sekalian aja solat sunah Dhuha dulu. Abis itu aku ngerjain aktivitas rumah kayak biasa. Mungkin karena pengaruh puasa, jam 11 siang itu aku diserang ngantuk yang luar biasa. Aku pun tidur siang, dan begitu kagetnya ketika bangun udah jam setengah tiga. Nyaris kehabisan waktu buat sholat Zuhur. Sehabis sholat aku pun mandi sore. 

Nah habis mandi ini juga salah satu yang aku suka dari Ramadhan. Bantuin emak masak buat berbuka. Karena lagi ada rezeki lebih, kami pun bikin sedikit lebih banyak biar tetangga pada bisa nyicipin. Sayang tadi aku lupa take a pic, soalnya sibuk sih. Haha. 

Ada sedikit cerita lucu tadi sore. Sekitar jam 5, di saat kami sudah selesai masak, listrik padam. Gak tau kenapa akhir-akhir ini listrik sering banget padam di sore hari menjelang magrib. Aku cuma sibuk ngabuburit di Teel aja ketika listrik padam. Sekitar jam 6, listrik pun nyala lagi. Adikku yang paling kecil teriak Alhamdulillah. Aku pun langsung ke ruang keluarga dimana makanan sudah siap untuk disantap. Aku langsung ngambil gelas yang isinya air putih, terus baca do'a berbuka puasa. Adikku pun langsung teriak, "Ayuk, tadi itu alhamdulillah lampu nyala, bukan alhamdulillah karena udah magrib" Aku ngeles "Kan kurang minum, dehidrasi jadi. Makanya kurang konsentrasi dan fokus" kemudian langsung ketawa segeli-gelinya. Sampe mau berangkat tarawih, aku di-bully sama adik-adikku. Ah dasar sial. Kok bisa separah itu ya. Coba tadi sempet minum dulu baru diteriakin *eh :D

Terus tarawih tadi sempet bikin haru loh. Ada anak kecil yang masih duduk di bangku TK, minta izin untuk azan. Dia pun diperbolehkan, nah yang bikin haru adalah merdunya suara bocah kecil itu. Dan tadi aku pulang agak belakangan karena mampir ke WC dulu. Begitu mau pulang, aku pun makin salut sama bocah yang azan tadi. Dia ikutan bapak-bapak tadarusan sehabis sholat tarawih. Subhanallah. Andai semua anak di Indonesia kayak dia, generasi kita bisa makin gemilang :) 

Terakhir aku mau minta maaf sama temen-temen blogger semua, maaf ya kalo seandainya pernah komen yang bikin kalian gak suka, tersinggung, atau hal-hal yang gak mengenakkan lainnya. Maaf juga kalo misalnya ada kata-kata di postingan-postingan aku yang bikin kalian marah dan sebagainya. Semoga kita yang menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini terus diberikan kesehatan dan kenikmatan oleh-Nya. Aamiin Allahuma Aamiin O:)

30 komentar:

  1. Amin Ya Rob.
    Wah, ceritanya banyak sekali, semuanya nyaman dibacanya. berburu pahala, salut. semoga target hatam dua kalinya tercapai. dan semoga Amal Ibadah kita diterima oleh-Nya.

    Oh iyah, headernya baru yah, selamat, cie :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, iyanih baru hari pertama ceritanya udah banyak ^^ Aamiin O:)

      baru dong! hihi

      Hapus
  2. Gue baru tau YKS udah end. Emang bener ya?

    Eniwei, header bagus uy... berapaan nih? GUe jadi pengen mesen juga. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener. Di twitter rame lohh, sampe jadi TTWW.

      Hapus
    2. lu kemana aja rifqii? :D beneran! masa iya aku bohong :D

      kalo mau pesen, klik aja link yang udah aku kasih tau. klik kata DISINI..

      Hapus
    3. @Miki, kamu up to date bingit yaah :D

      Hapus
    4. Woh iya? sumpah gue baru tau YKS end. Huhuhu. Kudet banget.

      Ya, baguslah. Tayangan tidak mendidik itu memang harus dihentikan hehehehe.

      Hmmmm.. siap. Entar deh liat-liat dulu ke blognya sikonyols. Takut harga gak pas kantong huahahaha.

      Hapus
    5. gapapa kok, yg penting skrg udah tau :D

      tenang, harga bisa nego ;))

      Hapus
  3. Maaf lahir batin juga, tut. Gue jadi lupa tampilan blog lama lu. (-_-")

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama sama :))

      tampilan yg lama gak pake header, terus widget nya ada di kanan kiri postingan.. sekarang udah diminimalisir :D

      Hapus
  4. Alhamdulilahirabbil'alamin.
    Amin ya Allah.
    Sama-sama mbak sist.

    BalasHapus
  5. tuti minta pakein bang angga itu bayar ngggak ? *mentalGratisan*

    dan... oke, semoga Allah mengampunimu, sholat dzuhur jam setengah 3 ? insyaflah nak -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. bayar dong ah! dasar mahasiswa! :D klik aja link yg udah aku kasih itu.. klik "DISINI"

      hehe, khilaf mas bro :p

      Hapus
  6. cie header baru :p

    membaca artikel ini, saya banyak dapat pelajaran, terutama tentang cara berbuka, lebih tepatnya cara mempercepat berbuka. SMS aja temen yg bekerja di PLN daerah tinggal, minta matikan beberapa menit sebelum azan, 30 menit boleh lah. Trus saat orang rumah ngucap syukur, langsung minum aja tanpa mikir. MISSION SUCCES. tapi kalo diniatkan begitu gak pa pa kan ya?

    Oh iya, selamat puasa, mohon maah kalo saya belom pernah melakukan salah. *digeplak Tiyak*

    BalasHapus
    Balasan
    1. cie cie mulu haha

      mission success pala lu peyang haw! :D ya kalo disengaja gitu mending langsung minum aja ga pake nunggu azan magrib :D gak bole gitu dongsss haha

      mohon maaf juga gak mau geplak kamu, kan bukan mahram :D

      Hapus
  7. #Promo :
    Halo, buat yang mau bikin vector + header blog bisa hubungi saya aja aja @sikonyols

    Ah, banyak kurang satu huruf tuh, huruf "S" :(

    Di tunggu cerita sepanjang puasanya nanti. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. nih nih yang mau langsung contact orangnya :D

      huruf apaan kak? tiyak gak ngeh! haha..

      Hapus
  8. Maaf lahir batin juga ya Tiyak ^^

    BalasHapus
  9. Maaf lahir batin ya. Salut suka subuh di masjid, gw sih di rumah aja, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke :)

      kalo ramadhan emang lebih enak ke masjid :D

      Hapus
  10. Pertama kali ngebaca postingan ini. "ah pasti tuti curhat lagi" tapi pas perlahan ngebaaca, nyaman juga nih tulisan. Aku sih udah lama sering nulis-nulis tentang cinta-cintaan, ngatain orang dan joke-joke yang membuat orang tersinggung. tapi jarang aku nulis tentang mikirin dosa. kayaknya bulan ini ada beberapa tulisan tentang mencangkup akhirat. nanti mampir yaa tuti :D hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan keseringan curhat lah, ntar pada bosen haha :D

      oke meluncur mang!! :p

      Hapus
  11. bayarnya berapa tuh? Mahal nggak? *mahasiswa :p
    Ciee Tuti rajin ya pagi-pagi masakin orang serumah, calon ibu yang baik. kapan-kapan masakin buat aku jga yak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah harga cek aja, bisa nego kok :D

      Aamiin hehe.. makasih yg lebih pinter masak (ayam mentega) :D

      Hapus
  12. Maaf lahir batin juga ya, Tut.
    Btw, itu headernya keren. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama sama.. makasih juga pujiannya :D

      Hapus
  13. Ciee header baru nih.. Bagus.. Eh, bilangin Kak Juju dong, gue bikinin, hehe.. Tapi gratis, kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, langsung contact orangnya aja bi :p

      Hapus

Jadilah blogwalker yg baik dan jangan jadi silent reader.. Berkomentarlah sebelum diharamkan.. No Spamming, No SARA. karena udah aku setting NO CAPTCHA :* (@tutiarahmi_)