Minggu, 29 Desember 2013

Flashback Masa-masa sekolah dasar.. Reuni Yuk!

Dua hari yang lalu (27 Desember 2013) adalah hari Jum'at. Hari di mana aku ngelepas kangen sama temen-temen SD (baca: esde alias sekolah dasar). Sayangnya gak semua bisa dateng, dari sekian banyak temen esde aku, cuma orang tujuh yang bisa kumpul... Lumayan lah untuk kangen-kangenan sekaligus flashback masa-masa lugu yang indah. Oh ya, kami alumni dari SDN 16
Muara Enim. Lokasi sekolah kami itu cukup strategis, terletak sekitar 50 meter dari jalan raya yang ramai, jadi suasana belajar mengajarnya cukup nyaman. Untuk saat ini aku gak punya fotonya. Aku juga gak tau pasti gimana bentuk sekolahku itu di masa sekarang. Menurut informasi temenku "Elsi" yang adeknya sekarang sekolah di sana, sekolah kami sudah jauh lebih baik daripada saat kami masih sekolah di sana dulu. Lapangan kami yang dulunya masih tanah yang kalo ujan jadi becek sekarang sudah dilapisi dengan batu segi enam. Ruang kelas sudah ditambah, kantin dan perpustakaan sudah semakin luas dan prestasinya semakin banyak. 

Acara kami kemarin juga dadakan, rencananya dibuat hari Rabu, dua hari setelah aku mudik dari Palembang. Begitu tau aku udah selesai semesteran dan lagi liburan di Muara Enim, Wiwik, nama aslinya Dwi Ayu, ngechat di fb ngajak reunian... 


Tanpa pikir panjang aku langsung ng'iya'in dan ikut aja kapan di mana acaranya. Ternyata mereka juga belum punya rencana yang jauh. Akhirnya diputuskan untuk kumpul hari Jum'at selepas solat ashar sekitar jam 4-an di GOR Pancasila Muara Enim dan abis ngumpul makannya di Sriwijaya CLT, tempat makan favorit semenjak bulan Ramadhan lalu.

Gedung ini salah satu tempat nongkrong di Muara Enim.

Hari yang ditunggu tiba, sekitar jam tiga aku udah mandi. Selesai solat ashar, aku dapet sms temen aku 'Elsi' kalo dia udah di jalan mau jemput aku. Dan ternyata yang dateng malah Anis sama Wiwik, dan kamipun Boti (bobok tiang *Eh bonceng tiga) berasa jaman esempe kalo boti-botian gini. Aku tanya mana Elsi, ternyata Elsi njemputin Minarti. Kami pun berangkat buat jemput Mona, nyampe di sana ketemu Kak Tri kakanya Mona dan dia ngizinin kami pinjem motornya. Alhamdulillah dengkulku selamat, secara aku yang paling unyu jadi cocok dipajang di depan. hahaha.. Kami udah berenam dan tinggal satu yang belum dateng, Sandia, dia janjinya langsung ketemu di Gor gak usah dijemput soalnya dia ngajakin pacarnya. Ah soswet :D

Alhasil kami cuma bertujuh ditambah pacarnya Sandia jadi delapan. Gak ada acara yang istimewa, cuma foto-foto sama ngobrol bahas kegiatan masing-masing sama segudang kejadian lucu waktu masih pake baju putih merah. Ini ada beberapa foto kami kemarin.. 


kenalin, ini Anis Destriani.. temen deket dari esde sampe esempe..


















Aku kenalin satu satu ya, silahkan liat foto yang paling rame.. yang pake helm (kemungkinan dia malu karena kami semua pakek jilbab) namanya Minarti, temen aku satu esde, satu esempe dan satu tempat tinggal. Kami tinggal di gang yang sama, deketan rumah pula. Semenjak lanjut ke menengah atas kami mulai kurang akrab lagi. Kesibukan dia sekarang adalah nyari kerja. Di sebelah Minarti itu Mona, lengkapnya Ramona Fitriyanti. Sahabat aku pas esde, apalagi waktu kelas enam, kami deketnya udah deket banget. Kalo misalnya aku bawak uang jajan seribu, dia seribu lima ratus, dia bakal ngasih dua ratus lima puluhnya ke aku. Maksudnya ya biar uang jajan kami nilainya sama. Cocwit kan? Lanjut ke esempe kami pisah, dan tanpa disangka kami ketemu lagi di SMK, cuma beda jurusan dan sekarang Mona udah kerja di supermarket, aku lupa nanya dia kerja di bagian apa.

Lanjut, di sebelah Mona itu aku yang paling kece, gak perlu dibahas lebih lanjut.. Di sebelah aku itu Anis, kayak yang udah aku bilang tadi kalo dia temen esde dan temen esempe, tapi pas kelas tiga dia pindah sekolah dan ga nyangka kalo kami ketemu lagi di esempe. Sama kayak sama Minarti, kami gak akrab lagi semenjak lanjut ke menengah atas, aku ke SMK, Anis ke Madrasah Aliyah. Sekarang Anis kerja di rumah makan. Sebelah Anis ada Elsi Rahmadina, sejak selesai esde kami putus komunikasi, sekarang dia udah kerja di apotik. Di sebelah Elsi itu Wiwik, nama aslinya Dwi Ayu. Dia yang paling nakal di antara kami, sebulan menjelang ujian nasional SD, dia berhenti sekolah, syukurlah alasannya cuma karena malas, bukan karena kebelet nikah. Hasilnya sekarang dia nyesel gak bisa kayak kami yang punya ijazah esde sampe ijazah SMA/SMK. Tapi sayang gak ada penyesalan di awal, yang ada di awal itu pendaftaran. Sekarang Wiwik udah kerja juga. 

Terakhir itu Sandia Dwi Komala. Temen-temen yang lain manggil dia Sandia, tapi aku udah biasa manggil dia Dwi. Jadinya kalo aku manggil dia, si Wiwik noleh juga. Satu hal yang bikin kaget, ternyata bukan cuma aku yang lanjut kuliah di antara kami bertujuh, Sandia juga. Dan lebih bikin shock lagi kalo ternyata dia kuliah di Politeknik Sriwijaya, Iya, Poltek.. Aduh duh, berarti kampus kami tetanggaan dong. Ini ni kalo ga ada komunikasi, dia juga nyangkanya aku di Unsri kampus Indralaya. Nanya-nanya di mana dia ngekos, ternyata di Padang Selasa. Oh Tuhan, aku sering ke Padang Selasa, ke kosan si Yuni.. hmmm.. dia juga tau di mana Mess tempat aku tinggal karena dia kenal sama Nopi, dia gak nyangka kalo aku juga tinggal di situ.. cukup lucu..

Puas foto-foto di GOR, kami hijrah ke Pondok Sriwijaya CLT untuk makan. 






Nah, di sinilah semua kejadian lucu di esde kembali diperdengarkan. Ada satu cerita yang paling aku inget dan bikin aku geli sendiri bayangin masa-masa esde. 

Jadi ceritanya, ada satu cowok pindahan namanya Rangga. 
Rangga ini orangnya cakep, item manis gitu. aku suka :D Yah, namanya anak esde, cinta monyetlah.. Maaf nyet, aku tau kamu gak salah apa-apa, cuma minjem namanu doang, aku juga gak tau siapa penemu jenis cinta yang satu ini.. Nah, ternyata temenku Tami juga suka sama dia.. Tami tau kalo aku juga suka sama Rangga, dan kabarnya Rangga juga gitu.. kabarnya ya, sampe sekarang aku gatau kebenarannya..Hasilnya Tami musuhin aku dan mengajak temen-temen yang lain mau pilih dia atau aku.. Berhubung waktu itu aku ini tempat nyontek, banyak yang milih aku.. Terbentuklah dua kubu di kelas.. Aku lupa ya endingnya gimana, yang jelas kami baikan dan akhirnya pisah mau lanjut ke esempe pilihan masing-masing. Rangga? Kebetulan kami lanjut ke esempe yang sama, tapi waktu kelas delapan, Rangga pindah ke sekolah lain dan sampe sekarang gak ada yang tau kabar dia.. Lucu ya kalo kami ketemua lagi.. Gak tau kapan, semoga semua temen esdeku dalam keadaan sehat wal'afiat. 

Beberapa temen cowok yang mau ikut reuni sebenernya ada, Tarmizi (aku biasa manggil dia micin), Wahyu (paling ngeselin), Isroqin.. Gak tau kenapa mereka gak jadi dateng, tapi kalo Isroqin dia cuma bisa Sabtu Minggu karena alasan dia gak bisa ninggalin pekerjaannya. 

Temen esde aku yang lain yang masih aku inget:

Rista Dwi Tami.. sekarang kuliah di Bina Darma Palembang jurusan Kesehatan Masyarakat.
Jefri Rahmadi.. temen esde merangkap sepupu jadi masih sering ketemu (rumah kami pun berdekatan :D)
Leni.. kabarnya dia udah nikah.
Ramdondi.. waktu esde dia yang paling kece, mirip-mirip artis India Shah Rukh Khan, tapi sekarang udah berubah 180 derajat..
Elvin Elga Virkansa.. sekarang udah jadi pembalap.
Annisa Fitrah Sarah.. sekarang tinggal dan kuliah di Bengkulu, tempat nyontek kami kalo pelajaran bahasa Inggris. Kuliahnya pun jurusan bahasa Inggris.

Kayaknya cuma segini yang aku inget.. Kalo gak salah waktu kelas enam, jumlah murid cuma 19, dan aku inget lebih dari setengahnya.. Yah, gak pikun pikun amat lah..

Oh ya.. biasanya konteks reuni adalah untuk para siswa atau mahasiswa yang kembali bertemu setelah meninggalkan bangku sekolah. Intinya untuk kangen-kangenan, bahasa kerennya flashback-flasbackan dan bahasa arabnya Silaturahmi.. Kalo buat aku, reuni bakalan seru banget kalo diadakan bertahun tahun setelah tamat sekolah, yah kayak kami ini... Banyak sekali yang berubah :))

5 komentar:

  1. Asik yaa bisa reunian ^^
    aku udah berapa lama nggak reunian sama temen SD, banyak yang di luar kota. Jauh-jauh pula .__.

    BalasHapus
  2. @Imaniar Hanifa iya.. kami aja gak nympe separuhnya :D

    BalasHapus
  3. @Imaniar Hanifa iya.. kami aja gak nympe separuhnya :D

    BalasHapus
  4. reunian SD itu emang sesuatu ya, masa-masa lagi polos2 gimana gtu hhe...

    BalasHapus
  5. @Pudja Kusumah alhamdulillah ya :D

    BalasHapus

Jadilah blogwalker yg baik dan jangan jadi silent reader.. Berkomentarlah sebelum diharamkan.. No Spamming, No SARA. karena udah aku setting NO CAPTCHA :* (@tutiarahmi_)