Minggu, 22 September 2013

Tukang Cukur

Yaa, tukang cukur!
kisah ini aku dapet tadi siang waktu lagi ikut kegiatan mentoring AMKAI, yang Insya ALLAH akan jadi kegiatan rutin. Sekedar info AMKAI itu singkatan dari Asistensi Mata Kuliah Agama Islam. Udah ga usah bahas AMKAInya, mari kita bahas kisah tukang cukurnya :)

Ada seorang pemuda yang pergi mencukur rambutnya dengan si tukang cukur. Selang beberapa saat si tukang cukur mulai membuka perbincangan.


Tukang cukur: Saya sudah tidak percaya lagi akan adanya ALLAH.
Pemuda: Apa bapak tidak salah bicara? Apa alasannya?
Tukang cukur: Lah, Mas liat saja sekarang ini makin banyak orang-orang miskin, gembel dan segala jenisnya itu berkeliaran di pinggir jalan. Katanya ALLAH itu Maha Pemurah, tapi mana buktinya? Ini yang membuat saya yakin kalau ALLAH itu sebenarnya tidak ada.

Sang Pemuda hanya diam karena tak ingin beradu pendapat dan tak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada rambutnya. Dia diam sampai rambutnya telah rapi dicukur dan kemudian ia membayar. Saat perjalanan pulang, sang pemuda bertemu dengan seorang pria yang berambut gimbal, kotor, bau, dan tidak terurus. Sang Pemuda teringat dengan si tukang cukur. Ia pun kembali lagi ke sana. Setibanya di sana.

Pemuda: Pak, saya tidak percaya lagi akan adanya tukang cukur.
Tukang cukur: Loh, saya ini tukang cukur, kamu kan baru saja saya cukur.
Pemuda: Buktinya tadi saya bertemu orang yang punya rambut gimbal, bau dan tidak terurus.
Tukang cukur: Haha, kamu itu gimana sih mas. Kan salah dianya kenapa tidak pergi ke saya untuk mencukur rambutnya.
Pemuda: Nah, itu dia jawaban saya atas pernyataan bapak tadi.
Tukang cukur: Maksud kamu?
Pemuda: ALLAH itu ada pak, tapi hanya orang-orang yang mau menghadap kepadaNya saja yang diberi kemudahan oleh ALLAH.

Tukang cukur itu terdiam dan dalam hatinya mengucap istighfar berkali-kali. 

Pelajaran yang dapat dipetik dari kisah ini salah satunya Jangan pernah lupa sama ALLAH, kalo tidak mau ALLAH cuek sama kita. Tanamkan di hati kalau ALLAH itu benar-benar ada. Insya ALLAH syurgaNya terbuka untuk kita :) Aamiin Yaa Robbal Alaamiin O:)

2 komentar:

Jadilah blogwalker yg baik dan jangan jadi silent reader.. Berkomentarlah sebelum diharamkan.. No Spamming, No SARA. karena udah aku setting NO CAPTCHA :* (@tutiarahmi_)