Materi yang harus
dikuasai siswa / siswi berdasarkan kisi-kisi diantaranya :
1. Kompetensi
Listening (Mendengarkan). Memahami makna
dalam wacana lisan interpersonal, transaksional, monolog sederhana dan teks
fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan
keprofesian.
1. Pictures
Indikator
a. Menentukan pernyataan
lisan yang tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan
(indoor)/di
b. luar ruangan (outdoor)
sesuai dengan gambar.
Menentukan pernyataan lisan yang tepat
tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar.
c. Menentukan pernyataan
lisan yang tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda
sesuai dengan gambar.
2.Questions/Statements-Responses
Indikator
a. Menentukan respons
yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang berisi pemberian
saran/pendapat.
b. Menentukan respons
yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang mengungkapkan sebuah
undangan/penawaran.
c. Menentukan respons
yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang berisi pemberian arah atau
lokasi suatu tempat/keberadaan seseorang/kondisi suatu benda/tempat.
3. Short Conversation
Indikator
a. Menentukan gambaran
umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat
tentang kegiatan sehari-hari/kegiatan yang sedang berlangsung.
b. Menentukan gambaran
umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat
tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang.
c. Menentukan gambaran
umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat
tentang suatu perijinan/perjanjian.
d. Menentukan gambaran
umum/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan masa
lampau/pendapat terhadap sesuatu hal (benda/tempat/masalah).
4. Short Talk
(Monolog)
Indikator
a. Menentukan gambaran
umum/informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari
monolog lisan singkat tentang proses pengerjaan/pengoperasian suatu alat/tips
melakukan sesuatu.
b. Menentukan gambaran
umum/informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari
monolog lisan singkat berbentuk pengumuman singkat/iklan singkat/brosur suatu
produk.
2. Kompetensi
Reading (Membaca). Memahami dan merespon
makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, esai/monolog pendek
dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan
dan keprofesian.
5. Error Recognition
Indikator
a. Menentukan kata/frasa
yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perbandingan
benda/peraturan atau penolakan.
b. Menentukan kata/frasa
yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/tempat
wh-questions.
c. Menentukan kata/frasa
yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi fisik
seseorang (physical appearance)/benda atau profesi seseorang.
d. Menentukan kata/frasa
yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan pengandaian/pilihan
tindakan.
e. Menentukan kata/frasa
yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perasaan seseorang
terhadap sesuatu/pendapat seseorang.
6. Reading
Comprehension
Indikator
a. Menentukan pikiran
utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau makna kata/frasa dalam surat/memo/pesan/e-mail bersifat bisnis.
b. Menentukan pikiran
utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau makna kata/frasa dari deskripsi perusahaan/profil perusahaan.
c. Menentukan pikiran
utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau makna kata/frasa pada deskripsi pekerjaan seseorang di waktu
lampau/job descriptions.
d. Menentukan pikiran
utama paragraf/gambaran umum atau informasi rinci/informasi tersirat, atau
makna kata/frasa dalam sebuah teks procedure dalam bentuk a.l. manual/ resep/
petunjuk/instruksi atau iklan.
3. Kompetensi
Writing (Menulis). Mengungkapkan dan
merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esai sederhana bentuk
recount/news item/procedure secara akurat dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
7. Incomplete Dialog
Indikator
a. Menentukan ungkapan
untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu kemungkinan/ pemberian
pendapat.
b. Menentukan ungkapan
untuk melengkapi dialog yang berisi penawaran sesuatu/perintah.
c. Menentukan ungkapan
untuk melengkapi dialog yang berisi permohonan/pemberian saran.
d. Menentukan ungkapan
untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan rutin/gerund.
e. Menentukan ungkapan
untuk melengkapi dialog yang berisi suatu pilihan atau pemesanan barang/jasa.
f. Menentukan ungkapan
untuk melengkapi dialog yang berisi perintah/permohonan/saran.
g. Menentukan ungkapan
untuk melengkapi dialog yang berisi pengandaian/penggunaan used to (kebiasaan
waktu lampau).
h. Menentukan ungkapan
untuk melengkapi dialog yang berisi rencana/janji yang akan datang/question
tag.
i. Menentukan ungkapan
untuk melengkapi dialog yang berisi kegiatan waktu lampau/passive voice.
j. Menentukan ungkapan
untuk melengkapi dialog yang terkait dengan kegiatan yang sedang
berlangsung/present perfect tense.
8. Cloze Test
Indikator
a. Menentukan kosa kata
(kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang
tidak lengkap pada surat bisnis berbentuk surat lamaran kerja/memo.
b. Menentukan kosa kata
(kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang
tidak lengkap pada sebuah pengumuman/pemberitahuan.
c. Menentukan kosa kata
(kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang
tidak lengkap pada iklan/brosur singkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jadilah blogwalker yg baik dan jangan jadi silent reader.. Berkomentarlah sebelum diharamkan.. No Spamming, No SARA. karena udah aku setting NO CAPTCHA :* (@tutiarahmi_)