Jumat, 08 Maret 2013

Bunga Edelweiss

kemarin (Kamis malam), aku nonton Take Me Out Indonesia. Pria single yang kedua memberi pertanyaan kepada dua gadis yang dipilihnya,
"Bagaimana perasaan kalian, jika ada lelaki yang memberi kalian bunga edelweiss?" (pas nonton aku ngga tau tulisannya gimana :D) 

kebetulan kedua cewek menjawab hampir sama, yang intinya biasa aja tapi seneng juga. Setelah ditanya sama Kak Yuanita, "Apa ada kenangan tersendiri sama bunga ini?" Dia menjawab , "Ngga ada, hanya saja seperti yang kita tau bahwa bunga ini adalah bunga keabadian" (aku shock, soalnya aku ngga tau :D inilah awal mula aku jadi penasaran)
akhirnya aku cari deh info tentang bunga ini, sama beberapa gambarnya (secara, aku mau tau bentuknya kayak gimana :D)
Edelweiss sendiri merupakan bunga yang dilindungi di beberapa negara Eropa. Biasa disebut bunga abadi, di Indonesia para pecinta alam biasanya suka memetik dan menyimpan bunga ini. Di kala perang dunia II, bunga ini juga menjadi inspirasi bagi para tentara di benus Eropa yang menjadikan bunga ini sebagai simbol nasionalisme maupun sebagai simbol pangkat.

frameless


Edelweiss bahkan menjadi bahan sebuah komik terkenal berjudul "Asterix di Swiss"






Daun dan bunga ditutupi dengan rambut putih dan muncul wol (tomentose). Batang Edelweiss dapat tumbuh dengan ukuran 3-20 cm (dalam budidaya, bisa sampai dengan 40 cm). Mekar masing-masing 5 mm dikelilingi oleh kabur putih "kelopak" dalam pembentukan bintang ganda. Bunga-bunga mekar antara bulan Juli dan September.
Dia adalah tanaman yang dilindungi di banyak negara, termasuk Mongolia, Bulgaria, Kroasia, Swiss (sejak 1878), Perancis, Norwegia, Iran, India (Zanskar wilayah), Italia, Serbia, Malaysia (Dalam Genting dan Cameron Highlands), Indonesia (Dalam Gunung Semeru), Jerman, Spanyol (Taman Nasional Ordesa), Polandia dan Slovakia (Tatra National Park), Slovenia (di Gorizia dan Gradisca sejak tahun 1896, di Carniola sejak 1898), Austria (sejak 1886) dan Rumania (sejak 1933).

Beberapa penggunaan simbolik dari zaman kuno sampai sekarang


dan masih banyak penggunaan yang lain .

Beberapa gambar yang aku dapet nih















Yang lebih tau, mohon bagi-bagi ilmunya ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadilah blogwalker yg baik dan jangan jadi silent reader.. Berkomentarlah sebelum diharamkan.. No Spamming, No SARA. karena udah aku setting NO CAPTCHA :* (@tutiarahmi_)